Lutut Krek-Krek

Glukosamin dan kondroitin sulfat merupakan komponen tulang rawan normal. Di dalam tubuh, ke-2 zat ini adalah blok bangunan untuk tulang rawan dan tampak merangsang tubuh untuk membuat lebih banyak tulang rawan. Saat ini banyak produk yang memanfaatkan glukosamin dan kondroitin sebagai obat untuk mengatasi penyakit radang sendi.
Walaupun glukosamin dan kondroitin biasanya sering didapatkan dari beberapa produk atau suplemen seperti bentuk tablet, kapsul, bubuk atau cairan. Namun, ke-2 zat ini juga bisa Anda dapatkan dari sumber alami atau langsung dari makanan-makanan tertentu.

Ekstraksi jaringan hewan, yaitu dari kulit udang dan kepiting. Kulit udang dan kepiting kaya akan khitin yaitu suatu senyawa heteropolisakarida yang bila dihidrolisis menghasilkan glukosamin.
Sumsum tulang hewan. Seperti halnya tulang rawan, glukosamin juga ditemukan di sumsum tulang hewan. Sumsum tulang juga kaya nutrisi, jadi mungkin patut dicoba. Sumber sumsum tulang meliputi leher unggas.
Tulang rawan ikan hiu atau tulang rawan dari trachea (tenggorokan) hewan mamalia. Sumber khondroitin sulfat adalah tulang rawan hewan yaitu tulang rawan ikan hiu atau tulang rawan dari trachea (tenggorokan) hewan mamalia.
Teripang laut. Teripang laut adalah jenis hewan laut yang mungkin tidak banyak dikenal akan manfaatnya yang luar biasa. Jenis hewan laut ini telah banyak dimanfaatkan oleh beberapa negara selama ratusan tahun sebagai salah satu bentuk pengobatan penyakit sendi. Teripang laut sendiri diketahui mengandung glukosamin dan kondroitin yang tentunya baik dalam proses pengobatan berbagai gangguan pada sendi.
Catatan : Beberapa suplemen glukosamin berasal dari kerang, sehingga orang-orang dengan alergi kerang harus berhati-hati dan menentukan asal suplemen. Beberapa penelitian telah menunjukkan glukosamin dan Kondroitin Sulfat yang diambil bersama-sama dapat meningkatkan efektivitas mengurangi nyeri artritis, namun diperlukan lebih banyak penelitian untuk menciptakan efek terapeutik yang jelas.
https://obatherbalwalatra.com/makanan-yang-mengandung-glukosamin-dan-kondroitin-sulfat/